Jumat, 06 April 2012

Mengenal Produk Finansial: Deposito


Depositu adalah salah satu produk finansial yang disediakan oleh perbankan. Bila kita perhatikan hampir seluruh bank menyediakan produk satu ini. Mata uang yang digunakan dapat dalam bentuk rupiah atau mata uang asing. Berikut beberapa informasi penting mengenai deposito.
  • Setoran dan penarikan deposito tidak dapat dilakukan kapan saja, karena deposito hanya bisa disetor dan ditarik dalam waktu tertentu saja. Makanya deposito sering disebut juga sebagai tabungan berjangka. Bila Anda menarik deposito sebelum waktunya maka akan dikenakan pinalti.
  • Jangka waktu deposito bervariasi dan dapat Anda pilih yaitu 1, 3, 6 atau 12 bulan.
  • Bunga deposito memang biasanya selalu lebih besar dibandingkan tabungan biasa. Sehingga memang deposito merupakan salah satu instrumen investasi yang paling aman dibanding yang lainnya. Apalagi dulu waktu krisis moneter bunga deposito sempat meroket hingga menembus angka 60%. Suatu masa panen para penabung dan investorkala itu.
  • Dapat dikatakan deposito adalah salah satu instrumen investasi relatif teraman saat ini, walaupun secara imbal hasil bunga sudah tidak terlalu menarik lagi :)
  • Biaya administrasi dan pajak. Biasanya untuk deposito tidak dikenakan pajak untuk deposito di bawah 7,5 juta. Sedangkan bedanya dengan tabungan biasa, deposito bebas dari biaya administrasi bulanan.
Kesimpulan dari tulisan ini adalah, bila Anda ingin produk finansial yang memiliki imbal hasil lebih tinggi dari tabungan biasa dan aman, maka deposito bisa jadi pilihan tepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar